Advertisement

Main Ad

Apa itu Ikan Cupang Hias yang Sedang Populer di Indonesia

Halo sobat Betta fish yang tercinta, buat kalian yang belom tahu sejarah ikan cupang hias yuk mari kita simak bersama-sama mengenai ikan cupang hias yang sekarang ini sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia baik itu untuk kalangan anak-anak sampai dewasa semuanya turut senang dalam memelihara yang namanya ikan cupang hias ini.

Betta Fish atau yang dikenal sebagai ikan cupang merupakan ikan air tawar yang habitat asalnya berada di negara Asia tenggara diantara lainnya adalah Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapore dan Vietnam. Ikan ini dikenal sebagai ikan air tawar yang memiliki karakter yang agresif untuk mempertahankan wilayah kekuasaannya atau yang kita sebut sebagai teritory, di Indonesia juga terdapat cupang asli diantara lainnya adalah Betta Channoides yang sempat ditemukan di wilayah Pampang, Kalimantan Timur.

Ikan Cupang

Ikan Cupang Hias Air Tawar

Pada umumnya, ikan cupang biasanya hidup berkelompok dengan habitat di rawa-rawa, danau dan juga sungai dengan aliran arus yang tenang. Dan bila anda ketahui manfaat pelihara cupang ini sebenarnya sangat bagus karena ikan cupang ini suka memangsa jentik-jentik nyamuk yang bisa membawa wabah penyakit seperti DBD. Selain itu ikan ini juga bisa memangsa anakan ikan atau cacing yang berukuran kecil

Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang paling gampang untuk dipelihara karena ikan satu ini kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga ikan cupang hias ini bisa hidup di tempat yang volume airnya kecil dan tidak perlu menggunakan aerator atau alat sirkulasi udara untuk bertahan hidup.

Cupang Hias

Beberapa Jenis Ikan Cupang

Ikan Cupang pada umumnya terbagi atas tiga golongan yakni cupang hias, cupang aduan dan juga cupang liar, pada umumnya ikan cupang yang merupakan kualitas terbaik bisa anda lihat dari sirip dan ekor yang berwarna terang dan pastinya sirip pada ikan tersebut harus terbuka secara sempurna.

Nah buat sahabat betta fish yang ingin memelihara ikan cupang sebaiknya kalian harus tahu terlebih dahulu beberapa jenis ikan cupang hias yang sekarang ini sedang populer di negara Indonesia diantara lainnya adalah :

  • Halfmoon Cupang jenis ini memiliki sirip ekor yang sangat lebar dan simetris sehingga jika kita melihat maka akan kelihatan mirip seperti bentuk setengah bulan.
  • Crowntail merupakan jenis ikan yang dibudidayakan dan diperkenalkan pertama kali di negara indonesia
  • Double Tail
  • Spade Tail
  • Plakat Halfmoon
  • Giant Cupang ini merupakan hasil perkawinan silang antara cupang hias dengan cupang sungai asli sehingga panjang dari ikan cupang ini bisa memanjang hingga 12 cm
Jadi berikut sedikit informasi mengenai sejarah apa itu ikan cupang hias yang sekarang ini sedang populer di Indonesia, semoga informasi ini bisa bermanfaat buat anda semua sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar